Jeruk Nipis dengan Khasiat dan Efek Sampingnya



Jeruk memiliki banyak jenis, salah satunya jeruk nipis. Berbeda dengan jeruk yang biasanya dijadikan makanan pencuci mulut, jeruk nipis tidak dimakan dengan cara seperti itu. Jeruk ini lebih sering dicampurkan pada makanan agar lebih sedap atau dibuat jadi minuman segar ketimbang dimakan langsung.

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia ini ternyata punya banyak nama cantik di berbagai daerah di Indonesia, seperti kelangsa, jeruk pecel, jeruk alit, atau lemau nepi di berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, banyak orang masih salah menyebut jeruk nipis dengan jeruk limau maupun lemon. Padahal, jeruk limau dan lemon adalah jenis jeruk yang berbeda dari jeruk nipis.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) dilansir HiMedik darimedicalnewstoday.com, satu buah jeruk nipis mengandung 20 kalori.
Satu buah jeruk nipis juga mengandung berbagai macam nutrisi berikut ini:
1. 22 miligram (mg) kalsium
2. 12 mg fosfor
3. 68 mg potasium
4. 19.5 mg vitamin C, yaitu sekitar 20-25% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

air jeruk nipis juga memberikan beberapa manfaat seperti:

1. Meremajakan kulit
Beberapa produk perawatan kulit mungkin menyatakan bahwa produk mereka dapat menyehatkan dan membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, Anda sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit.
Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan alami andalan untuk merawat kecantikan kulit. Pasalnya, jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air jeruk nipis dapat membantu menghidrasi dan meremajakan kulit Anda.
Sebaiknya, hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis langsung pada kulit Anda. Terpapar sinar matahari secara langsung setelah mengoleskan air jeruk nipis dapat menyebabkan phytophotodermatitis.
Phytophotodermatitis adalah kondisi ketika bahan kimia yang terkandung dalam jenis tanaman tertentu mengakibatkan kulit terbakar atau mengalami peradangan saat terpapar sinar matahari. Akibatnya, area kulit tersebut akan tampak kemerahan, gatal, dan terasa panas.

2. Mendorong rasa haus
The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan seseorang yang rutin meminum air perasan jeruk nipis akan mendorongnya lebih banyak meminum air.
Pada akhirnya, kebutuhan cairan untuk tubuhnya pun otomatis akan terpenuhi atau lebih dari cukup.
3. Menghindarkan dari kanker dan jantung
Sebuah studi di Medicine (Baltimore)tahun 2015 menyatakan manfaat jeruk nipis berkaitan pula dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, salah satunya kanker kerongkongan.
Selain itu, kandungan magnesium dan kalium dalam jeruk nipis juga membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan.
Karena, kandungan kaliumnya dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah. Selebihnya, jeruk nipis juga mampu mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh yang menyebabkan masalah jantung.
Cara membuat air perasan jeruk nipis ini pun sangat mudah. Kita hanya membutihkan satu buah jeruk nipis dalam sekali minum.
4. Menjaga kadar gula darah
Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal. Pasalnya, insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.
Nah, jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuh Anda pun dapat lebih terjaga.

Efek minum air jeruk nipis kebanyakan

Walaupun jeruk nipis memiliki banyak manfaat, jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Alih-alih menyehatkan tubuh, mengonsumsi jeruk nipis terlalu sering dalam jumlah banyak malah membuat Anda sakit.
Nah, beberapa masalah yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengonsumsi jeruk alit, antara lain:
1. Memicu asam lambung naik
Jeruk alit ini mengandung asam sitrat lebih banyak dibanding buah jeruk lain yang rasanya manis. Asam tersebut memang membantu mencegah peradangan pada tubuh dan pembentukan batu ginjal, namun jika kadarnya berlebihan organ pencernaan Anda bisa terganggu.

2. Menyebabkan gigi rusak
Minnesota Dental Association melaporkan bahwa enamel gigi bisa menipis dari makanan atau minuman dengan pH 4, seperti jeruk nipis. Enamel yang melapisi dan seharusnya melindungi gigi, bila semakin menipis tentu akan membuat gigi jadi mudah rapuh. Itu sebabnya, jika Anda mengonsumsi jeruk pecel secara berlebihan, gigi akan mudah sekali keropos.


EmoticonEmoticon