Budidaya Tanaman Hias Zamia Dengan Cara Pemisahan Anakan


Cara budidaya tanaman hias zamia - abangpertanian.com - Selain dengan cara setek batang,bunga zambia bisa di perbanyak dengan cara pemisahan anakanya.umumnya anakan tanaman hias jenis zamia akan mengerumpul di sekitar induk batang induknya.selain memiliki keindahan yang mengagumkan mata pemandangnya,Tanaman hias berjenis sikas ini juga memiliki seni serta nilai jual yang relatif tinggi.

Jenis tanaman hias bunga zamia ini juga memiliki biji,dari biji tersebut juga bisa kita semai untuk di jadikan bibit.namun,jika kita memperbanyak zamia ini dari segi biji,kualitas yang di hasilkan kurang memuaskan,lebih bagus jika kita memperbanyak jenis tanaman hias zamia ini denhan cara pemisahan anakanya.

Cara memperbanyak dengan biji adalah menghilangkan kulit bijinya.rata-rata tanaman zamia memiliki kulit biji yang sangat keras,dengan menghilangkan kulit ini,maka bisa di hasilkan bibit kecambah dengan baik dan sempurna.Pembibitan Tanaman Hias zamia Dengan Pemisahan Anakan

Sebelum melakukan penyemaian,rendam terlebih dahulu biji zamia tersebut selama 48 jam.untuk media tanamnya berupa arang di campur dengan bakaran sekam.

Selain Pembibitan dengan biji,kita juga bisa memperbanyak dengan cara pemisahan anakanya.Langkah serta cara pemisahan anakan zamia juga harus di lakukan secara hati-hati.berikut langkah serta tahapan yang bisa anda tempuh.


  • Anakan tanaman hias zamia sudah bisa kita pisahkan dari induknya jika tunas tanaman tersebut sudah memiliki diameter batang kira-kira 4 Cm.
  • Potong dengan menggunakan pisau tajam yang sudah steril.setelah melakukan pemotongan tunas anakan,bekas luka anakn olesi dengan Fungisida untuk mencegah bakteri timbul.
  • Media tanaman yang bisa kita gunakan berupa Pasir malang.selanjutnya taruk di are yang teduh dan agak lembab.jika bibit tuns tersebut sudah mengeluarkan daun baru 2/3 buah,akar bibit tersebut sudah sempurna dan kuat.
  • Pastikan saat kita melakukan pemotongan tunas anakan bunga zamia kita gali terlebih dahulu tanah yang menimbun batang induknya.hal ini untuk menjaga agar akar tunas anakan tersebut bisa terambil sempurna.

Sangat mudah untuk kita melakukan pembibitan jenis tanaman hias zamia ini.bahkan orang awam sekali langsung bisa mempraktekanya di rumah.sebab nilai jual jenis bibit zamia juga tergolong mahal yang beredar di pasaran.

Mungkin di antara anda ada yang berminat untuk di jadikan bisnis pembibitan tanaman jenis Zamia ini.Prospek laba keuntunganya yang sangat besar jika kita lihat dari cara pembibitan serta perawatan jenis tanaman hias ini tidak terlalu sulit.


EmoticonEmoticon