Pengertian Petani Gurem dan Petani Berdasi

pastinya anda sudah tahu siapa dan apa itu petani, petani adalah sebutan bagi seseorang yang berprofesi sebagai seorang yang mengelola lahan atau budidaya tanaman pertanian di lahan. namun tahukah anda bahwa ada beberapa macam sebutan petani di indonesia ini?, sebutan yang umum di ketahui di indonesia ini bagi petani adalah petani Gurem dan petani Berdasi. lalu apa maksud dari sebutan tersebut?, silahkan anda simak penjelasannya berikut ini.


Pengertian Petani Gurem dan Petani Perdasi


Petani Gurem adalah sebutan bagi petani kecil yang memiliki tanah garapan maksimal setengah hektar atau minimal 0,25 Ha. jika anda cari data di departemen pertanian mengenai petani Gurem di indonesia ini anda akan kaget karena banyaknya petani Gurem di indonesia ini, bahkan di kampung saya sendiri terdapat banyak petani gurem yang memiliki lahan garapan kurang dari setengah hektar.
munculnya petani Gurem di karena kan beberapa sebab, penyebab yang paling umum adalah karena petani menjual sebagian lahan mereka ke orang lain sehingga hak milik lahan pertanian mereka menjadi berkurang atau terbagi, selain itu adanya bagi hak waris pada anak petani di mana tanah milik petani akan di bagi sesuai jumlah anak sehingga lahan yang awalnya luas akan terbagi menjadi beberapa bagian. 

dua hal itu lah yang paling umum yang menyebabkan munculnya petani Gurem atau petani yang memiliki lahan kurang dari setengah Ha(Hektar). hal ini juga menjadi salah satu masalah di bagi sektor pertanian di karena kan lahan yang minim maka muncullah niat petani untuk menjual hasil lahan pertaniannya pada orang lain, hal ini lah yang menjaid cikal bakal terjadinya "Alih Fungsi Lahan Pertanian", di mana lahan pertanian yang sebelumnya di gunakan untuk budidaya tanaman kini malah menjadi rumah atau tempat industri sektor lainnya.


Sedangkan Pengertian Petani Berdasi adalah Kaum tuan tanah yang memiliki tanah garapan sangat luas, yang berusaha di bidang pertanian, tapi tak pernah pegang cangkul atau jarang memegang cangkul (Mengurus lahan ) karena lahan miliknya di pekerjakan orang lain (menyewa Buruh Pertanian). Petani berdasi sebenarnya hanyalah istilah kiasan bagi orang yang memiliki lahan namun jarang ia mengelola keseluruhan lahan atau lebih memilih mempekerjakan orang lain untuk mengurus lahan nya namun ia tetap di katakan petai karena memiliki lahan. 

Petani seperti ini adalah petani yang pola pikir nya sudah maju dan berorientasi untuk menghasilkan keuntungan yang banyak. selain itu petani berdasi memiliki lahan yang sangat luas untuk budidaya tanaman. contoh Petani berdasi adalah petani yang memiliki usaha tanaman kelapa sawit. Petani berdasi juga erat kaitannya dengan Agribisnis, karena usaha pertaniannya sudah berorientasi pada Bisnis atau keuntungan. 

Jadi bagi anda yang kuliah di jurusan Agribisnis sebetulnya anda adalah calon Petani Berdasi selanjutnya. pengertian Agribisnis itu sendiri adalah Agribisnis (yang menurut kamus baku menurut KBBI: agrobisnis) adalah bisnis berbasis usaha pertanian atau bidang lain yang mendukungnya, baik di sektor hulu maupun di hilir. Agribisnis, dengan perkataan lain, adalah cara pandang ekonomi bagi usaha penyediaan pangan. Penyebutan “hulu” dan “hilir” mengacu pada pandangan pokok bahwa agribisnis bekerja pada rantai sektor pangan (food supply chain). Istilah “agribisnis” yang jika diuraikan berarti agri itu pertanian yang diambil dari agriculture dan bisnis diambil dari bahasa inggris busines, sehingga jika digabungkan menjadi agribisnis. Sedangkan agribisnis sendiri diambil dari bahasa inggris yaitu agribusines.

jadi lengkap sudah bahwa Petani berdasi adalah adalah “kaum tuan tanah yang memiliki tanah garapan sangat luas, lagi pula dipekerjakan kepada orang lain (buruh)”.

Demikianlah informasi mengenai Pengertian Petani Gurem dan Petani Berdasi, yang harus di ketahui. semoga penjelasan yang saya berikan dapat memberikan informasi dan ilmu pengetahuan bagi anda semua.


EmoticonEmoticon