Gula Darah Turun Dengan Daun ini?



Daun insulin Daun yang memiliki nama latin 'Smallanthus Sonchifolius' atau biasa disebut dengan daun insulin yakon ini merupakan tanaman dari famili bunga matahari. Daun insulin merupakan tanaman herba yang berasal dari Amerika Selatan. Daun ini  sering kali dikeringkan untuk digunakan dalam seni pengobatan Ayurveda di India, karena dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes.Tidak hanya dipakai untuk pengobatan diabetes, daun insulin juga digunakan sebagai pengobatan alami gangguan ginjal dalam pengobatan tradisional di Meksiko. Selain itu, daun insulin juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat lain diantaranya mencegah kanker,  melawan bakteri dan jamur, melawan radikal bebas dan mencegah gangguan jantung. 
Mitos daun Jambu Mengobati Diare

Kandungan Daun Insulin
Tanaman ini memiliki kandungan fruktosa sekitar 35% fruktosa bebas dan 25% fruktosa terikat. Dan, memiliki senyawa aktif seperti flavonoid, alkaloid, glikosida, tanin, saponin, aloksan, dan steroid yang dapat bertindak sebagai antioksidan, antibakteri dan antidiabetik.

cara daun insulin menurunkan gula darah?
Mengonsumsi daun ini diyakini dapat menurunkan kadar glukosa darah. Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian dari Kasturba Medical College yang secara spesifik meneliti manfaat daun insulin terhadap kadar gula darah diabetesi di India. Penelitian ini juga membandingkan efektivitas daun insulin dengan keampuhan obat diabetes Glibenclamide.
Peneliti mengamati manfaat tersebut setelah mengumpulkan dan mengeringkan daun insulin yang dibudidayakan di Mangalore, Karnataka, India, selama bulan September dan Oktober. Setelah dikeringkan, dedaunan ini ditumbuk halus sampai menjadi bubuk puyer, ditakar menjadi dosis-dosis kecil, dan kemudian dilarutkan dengan air.
Air larutan tersebut kemudian akan diberikan kepada tikus jantan. Dalam beberapa hari pertama penelitian, tikus-tikus ini sudah lebih dulu diberikan obat Glibenclamide. Beberapa hari selanjutnya barulah tikus-tikus lab tersebut diberikan air minum larutan daun insulin.
Selama penelitian ini, tikus lab juga diharuskan berpuasa agar kadar gula darahnya menurun. Hasilnya penurunan kadar gula darah 2 jam postprandial (GD2PP alias gula darah setelah makan) setelah minum air insulin tampak setara dengan penurunan GD2PP dengan pengobatan Glibenclamide. 
Penelitian lain, masih dari India, yang diterbitkan oleh International Journal of Ayurveda Research juga menemukan hal serupa. Peneliti melaporkan bahwa daun insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP ke taraf normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia setelah diinduksi dengan obat dexamethasone.
Meski begitu, belum jelas seperti apa atau bagaimana mekanisme daun ini bisa menurunkan gula darah.


EmoticonEmoticon