UMUR TANAM CABE RAWIT

Cabe rawit (Capsicum frutescens) merupakan tanaman dari benua Amerika. Tanaman ini cocok dikembangkan di daerah tropis terutama sekitar khatulistiwa.

Pemilihan benih cabe rawit
Sekarang sudah banyak bibit cabe hibrida dengan keunggulannya masing masing. 
Pilihlah benih yang sesuai dengan sifat lahannya.  Apabila benih susah di dapat atau harganya mahal,  kita cukup menseleksi buah tanaman cabe kita sendiri yang anda yakini memiliki kualitas buah yang baik, tidak terserang penyakit,  buah mulus dan besar. 

Baca juga: https://infotani31.blogspot.com/2019/10/jarak-tanam-cabe-yang-baik.html?m=1

Buah yang digunakan untuk benih pada priode panen ke 4 sampai ke 6.  Buah yang di hasilkan pada priode ini biasanya memiliki biji yang optimal. 
Setelah buah dipetik masukan kedalam blender untuk memisahkan biji dan dagin cabe,  setelah di blender tiriskan cabe d tempat pembilan hingga sisa dagin cabe terpisah. Kemudian jemur biji cabe hingga kering biasanya 2 sampai 3 hari tergantung cuaca kuat panas sinar matahari. 
Untuk penyimpanan biji benih sebaiknya di tempat yang kering. Apabila penyimpanan biji dengan benar biji benih dapat bertahan hingga 2 tahun. 

Untuk benih yang baik memiliki daya tumbuh 80%, semakin lama benih disimpan maka daya tumbuhnya juga semakin berkurang . 

PENYEMAIAN BIBIT CABE
 Benih di semaikan terlebih dahulu untuk dijadikan bibit,  untuk penyemaian benih sebaiknya di perlukan naungan untuk menghindari sinar matahari langsung , curahan hujan dan terpaan angin.
Siapkan cup minuman kemudian di isi dengan media tanah. Media tanahnya sebaiknya terdiri dari kotoran hewan yg sudah di fermentasi di campur abu atau arang sekam dengan perbandingan 1:1.

Setelah media persemaian sudah siap, rendam benih cabe rawit dengan air hangat kira kira 4 sampai 6 jam.  Tujuanbya untuk meransangsang pertumbuhannya, kemudian masukan benih satu per satu kedalam cup minunan dan tutul kembali atasnya dengan tanah.  
Untuk penyiram cukup di semprot agar media tanamnya tidak kering. Biasanya benih akan tumbuh sekitaran 7 hari.  Untuk pemindahan bibit cabe ke lahan terbuka pada umur 1,5 bulan atau sudah mempunyai daun 4 sampai 6 helai. 


EmoticonEmoticon