Jenis Ikan Lele Yang Banyak Di Budidayakan Oleh Para Peternak Di Indonesia


https://mayanahewan.blogspot.com/2019/10/jenis-ikan-lele-yang-banyak-di.html

 jenis jenis ikan lele di dunia


Mayana-Hewan Ikan lele paling banyak di perairan asia sampe afrika. Banyak nya jenin-jenis ikan lele yang banyak, akan tetapi pada ikan lele tersebut tidak semua untuk di budidaykan serta di konsumsi oleh manusia. Maka ikan lele yang tertentu sajalah yang sering banyak di budibdayakan untuk salah satu konsumsi untuk kebutuhan badan manusia.

Pada jenis-jenis ikan lele yang banyak nya di budidayakan kebanykan mempunyai sifat paling unggul, oleh karena itu dari pertumbuhan pada ikan tersebut sangat cepat waktu nya serta tahan awet untuk terserang penyakit. Tidak hanya itu saja karena ikan lele bisa berkembang pada lingkungan yang padat dalam kondisi air yang minim.


Ikan lele tersebut kebanyakan hidup dalam air tawar hingga di air payau. Banyak para peternak lele di daerah daerah yang seluruh provinsi seperti pada wilayah jawa yang sangat banyak yang berhasil membudidayakan ikan lele. Para peternak lele tersebut ada yang sederhana dalam membudidyakan nya seperti pada kolam tambak ada pula yang dari kolam terpal dan masih banyak yang lain nya.

Ikan lele adalah mamalia yang yang termasuk jenis ikan karnivora sang pemakan daging atau yang berbau amis. Seperti pada air yang ada larva serta seranggga hingga cacing bisa saja menjadi pakan alami pada ikan lele tersebut, tidak hanya itu ikan lele mempunyai sifat kanibal seperti memakan kawan ikan lele yang berukuran lebih kecil.


Di negara indonesia ini terdafat dua spesies ikan lele yang sering banyak di budidayakan oleh para pertenak ikan maupun masayarakat. Berikut ini lah spesies clarias batrachus dan clarias gariepinus, oleh karena dari dua spesies tersebut ada ikan lele yang paling di sebut keunggulan nya seperti lele dumbo, lele sangkuriang. Karena dari setiap jenis ikan lele tersebut mempunyai
keunggulan dan kekurangan nya masing-masing.


Jenis-Jenis Ikan Lele Yang Banyak Di Budidayakan


- Jenis Ikan Lele Lokal

https://mayanahewan.blogspot.com/2019/10/jenis-ikan-lele-yang-banyak-di.html
keunggulan ikan lele lokal


Ikan lele ini yang banyak populer oleh masyarakat, ikan lele ini mempunyai nama latin clarias batrachus. Sebelum pada masa ikan lele dumbo di kenalkan di indonesia, para setiap peternak ini biasa seri memebudidayakan nya oleh karena itu dari seiring nya waktu berjalan lele ini seakan jarang di budidayakan oleh para perternak, karena dari segi keuntunganlah yang kurang melampowi pasar.

Ada nya 2 jenis ikan lele lokal di indonesia ini ada yang lele hitam dan lele putih, Pada jenis lele yang hitam ini sering nya banyak di budidayakan oleh kalangan peternak. Kalau lele putih ada blang nya sering di jadikan oleh para pencita ikan hias untuk di jadikan khiasan di dalam aqua rium maupun balong hias yang berada di halaman rumah.

- Jenis Ikan Lele Dumbo

https://mayanahewan.blogspot.com/2019/10/jenis-ikan-lele-yang-banyak-di.html
cara ternak lele dumbo pemula

Pertama di perkernalkan nya lele dumbo ke indonesia dari negara taiwan pada tahun 1985. Ikan lele tersebut sangatlah menjadi favorit di kalangan para peternak ikan lele.  Ikan lele dumbo ini sangatlah bagus dalam masa pertumbuhan nya sehingga sangat cepat untuk masa panen, ikan lele ini mempunya badan berisi serta panjang di bandingkan dengan lele lain nya, lele dumbo ini dalam jangka 2 bulan lebih bisa  cepat besar dan siap untuk di panen.

Dari segi fisik ikan lele dumbio ini bisa saja di bedakan dengan lele lokal yang berwarna hita kehijauwan. Ikan lele dumbo ini akan keliatan terkejut bisa beraksi saat ikan tersebut strees dan bisa saja berangsur-angsur mengembalikan menjadi warna awal, 

Ikan lele dumbo ini mempunyai patil yang mengeluarkan racun serta lele tersebut sangat cocok di pelihara pada kolam tanah karena mempunyai kebiasaan yang sama seperti pada lele lain nya. Dari segi rasa daging ikanlele dumbo ini pempunyai lembek serta tanggapan juga lebih enak lele lokal.



-Jenis Ikan Lele Sangkuriang
https://mayanahewan.blogspot.com/2019/10/jenis-ikan-lele-yang-banyak-di.html
ciri ciri lele sangkuriang


Ikan lele sangkuriang ini di resmikan oleh departeman kelautan dan perikan pada tahun 2004. Dalam masa penelitian nya mereka mempunyai kehawatiran karena para peternak ikan dengan menurun nya pada kualitas lele dumbo yang beredar di masyarakat juga serta, karena ada nya penurunan di sebabkan  kesalahan menghasilkan benih yang terjadi secara terus meneru. Hingga sampe di upayakan mengembalikan nya sifat yang paling unggul dengan di silangkan kembali.

Dari hasil perkawinan nya ikan lele tersbeut, lele sangkurianglah yang lebih tahan dari serangan penyakit sehingga dafat di pelihara pada air minim dan memepunyai kualitas daging yang baik. Hanya dari kelemahan nya para peternak ikan tersbeut tidak bisa membenihkan ikan lele sangkuriang dari sang induk nya, karena ikan lele sangkuriang bilah di benikan kembali. Pada kualitas yang akan turun jadi pembenihan ikan lele sangkuriang tersebut harus di lakukan dengan baik dari masa persilangan nyan.


Dengan membudidayakan ikan lele tersebut bisa di jadikan peluang usaha yang sangat mudah untuk merawat nya, serta tidak banyak mengeluarkan modal. Karena memakan ikan tersebut bisa membuat kita sehat dan sangat banyak maanfaat nya.


EmoticonEmoticon