Burung Bidadari Halmahera Utara Yang Unik

Tags

https://mayanahewan.blogspot.com/2019/10/burung-bidadari-halmahera-utara-yang.html
 habitat asli burung bidadari halmahera

Mayahana Hewan. Burung bidadari sering kali di sebut dengan nama latin semiopotera wallaci, brurng ini yang mempunyai spesies  endimik yang berada di maluku utara akan tetapi yang paling sering di kenal adalah halmahera. Burung ini karena sangatlah paling cocok dengan sebutan burung bidadari, Karena dari mulai bentuk burung yang unik serta dari warna yang indah ini bisa membuat kita terkagum untuk melihat nya.

Burung bibidari ini mempunyai ciri yang berbeda pada betina maupun jantan, ciri dari warna burung Bidadari jantan mempunyai warna hijau indah serta tidak itu saja pada dada burung tersebut ada tampilan mahkota yang ber warna ungu pucat tetapi sangatlah mengkilat pada saat dilihat. Kalau ciri dari burung bidadari betina yang memepunyai ekor panjang serta dari bentuk tubuh pun lebih kecil dan memepunyai warna sangatlah coklat seperti pada minyak jaitun yang wangi.

Maka dari unik nya burung bidadari halmahera utara ini adalah burung tersebut mempunyai bulu yang manjang dari sayap, dan bulu tersebut  sangat tegak serta aga menurun saat apa yang di ingkinkan pada burung bidadari yang indah ini.


Dari mulai penyebaran nya burung bidadari ini mulai dari wilayah maluku utara sampai di pulau halma hera atau bacan. Sifat pada burung Bidadari halmahera ini mempunyai sifat berpoligami seperti halnya manusia wkwk, makanan burung bidadari halma ini sama seeperti hal ya burung biasa seperti buah-buahan yang berada di alam habitat nya.

Pada saat musim kawin burung betina akan tampil memukau dihadapan si jantan nya sepeti menari serta mengeluarkan suara yang sangat merdu enak pada saat di dengar. Setelah tampil memukau kemudian si betina akan memilih salah satu pejantan nya.

Habitat asli pada burung bidadari ini terletak pada hutan domanto. Karena hutan tersebut ada nya tanah putih serta hutan lolobata ada pula yang berhanitat di hutan gamkonara serta di daerah area taman nasioal akejawe dan pulau bacan yang terletak dimaluku utara.




Populasi pada burung bidadari saat ini sangat di prihatinkan karena tidak tau pasti burung ini berada. Sangat di sayangkan karenapada saat ini populasi pada burung bidadari beda dengan tahun 80an. Dikarenakan banyak nya di buru oleh manusia untuk di jaddikan maskot hiasan di rumah pribadi karena melihat dari keindahan bulu serta mempunyai suara yang merdu akibat nya hutan mengalami deforestasi.


Karena sangat di sayangkan kalau dari burung bidadari sampai habis dari alam, karena indonesia tidak hanya mempunyai keindahan tempat saja melainkan dari hewan endemik pun sangat banyak. Maka kita harus sadar untuk bisa menjaga salah satu hewan endemikasli indonesia.


EmoticonEmoticon