Mesin Pembuat Pupuk Kompos untuk Skala Usaha


abangpertanian - Pupuk kompos, satu berasal dari sekian model pupuk pertanian permintaannya memadai tinggi. Bagaimana tidak, pupuk kompos senantiasa menjadi andalan dan kebutuhan mutlak di seluruh lini pertanian, baik itu bisnis pertanian pangan, pertanian buah sampai bisnis hutan rakyat.
 
Jadi jangan udah menjadi rahasia lazim jika bisnis pupuk kompos itu bisnis yang memadai menjanjikan. Apalagi modal utamanya hanya 1 paket mesin kompos. Jadi misalnya Anda tertarik untuk terjun di bisnis memproduksi kompos, Anda tidak membutuhkan modal kerja atau “capital working” yang amat banyak. Karena nyaris seluruh sistem mampu Anda lalui bersama paket mesin kompos. Anda akan hemat tenaga kerja dan hemat waktu. 

Asyiknya, bisnis kompos tidak membutuhkan banyak modal kerja, sebab bahan baku utamanya adalah sampah. Sesuatu yang udah tidak terpakai ulang dan terbuang begitu saja. Jadi mampu dikatakan Anda nyaris tidak mesti membayar sepeserpun untuk menyediakan bahan baku berasal dari kompos.

Tapi maaf, fokus pembahasan utama aku saat ini adalah mesin pembuat kompos, bukan bisnis kompos. Baiklah, aku terasa ulasan 6 mesin kompos atau mesin pengolahan sampah ini berasal dari definisi mesin kompos itu sendiri. Mesin kompos  adalah mesin yang memproduksi sampah organik menjadi kompos yang semuanya siap pakai. Dalam paket mesin memproduksi kompos, terkandung 6 mesin kompos yang tiap-tiap memiliki fungsi sendiri-sendiri.dan di bawah ini alat atau mesin pembuat pupuk kompos.
 

Mesin Pencacah Kompos

Ketika Anda menyatukan sampah organik, Anda akan menemukan sampah dalam wujud dan ukuran yang banyak ragam berasal dari yang terlalu besar sampai yang kecil-kecil. Untuk membuahkan kompos berkualitas, Anda perlu membuat sampah organik ini menjadi dalam ukuran kecil dan ukuran semi pasir. Untuk itu, langkah pertama Anda adalah mencacah sampah organik degan mesin penghancur sampah. Hasil berasal dari mesin pengolah sampah organik ini adalah sampah dalam potongan kecil yang kasar. Di pasaran harga mesin kompos pencacah sampah ini menggapai 13 juta sampai 15 juta rupiah bersama dengan kecepatan pencacahannya sekitar 500 kg /jam.

Mesin Grinder

Mesin kompos ginder ini berasal dari mesin pencacah. Pada tahap ini hasil olah, cacahan akan melewati pemrosesan kembali sampai membuahkan ukuran yang paling kecil dan lembut, menyerupai pasir. Ukurannya akan lebih kecil dan bobotnya lebih mudah berasal dari biasanya. Dengan mesin grinder, Anda dapat membuahkan pupuk kompos yang halus dan sesuai standar pasar. Harga pasaran mesin grinder ini sekitar 20-an juta rupiah bersama dengan kapasitas 300 kg/jam.

Mesin Konveyor

Bila ruangan memproduksi Anda besar dan memproduksi Anda massal, maka Anda perlu memakai mesin konveyor yang berfaedah untuk mengangkat sampah organik hasil grinder menuju area pengayakan. Di area pengayakan inilah sampah organik masal Anda mengalami sistem peragian sampai menjadi kompos.

Mesin Pengayak

Pada bagian ini, bahan kompos berwujud butiran halus sampah organik perlu Anda ayak sampai terpisah pada butiran halus bersama dengan butiran kasarnya. Kemudian kedua bagian ini diproses secara terpisah.

Mesin Mixer Kompos

Mesin kompos mixer adalah mesin yang berisi sebuah tabung yang berfungsi sebagai area reaksi dan pencampuran  bahan baku butiran sampah bersama dengan ragi kompos dan bahan pelengkap. Pencampuran ini dapat meredam bau tidak sedap berasal dari sampah. Jika Anda mencampurnya secara manual, prosesnya akan memakan pas terlalu lama. Maka supaya lebih efektif, Anda memakai mesin mixer. Setelah tercampur rata, Anda dapat menyimpan campuran tersebut ke dalam wadah khusus yang tertutup untuk mempercepat fermentasi.

Mesin Granulator

“Apa kembali itu mesin granulator dok?” Mesin ini berfaedah sebagai mesin pencetakan butiran kompos. Jadi sehabis kompos terbentuk prima terhadap pasca penyimpanan, maka Anda perlu memproduksi butiran halus berasal dari pupuk organik ini supaya berwujud bulatan kecil. Bentuk kompos menjadi bulatan kecil dapat menekan ongkos dan memaksimalkan hasil, tidak cuman terhadap umumnya pasar lebih puas bersama dengan permukaan kasar berasal dari material ini.


Perkiraan berasal dari keseluruhan ongkos pembelian dan perakitan 6 alat pembuat pupuk organik ini adalah sekitar Rp. 100 jutaan. Dengan pemikiran per plastik adalah satu kilo, Anda dapat menjajakan pupuk kompos bersama dengan harga 35 ribu rupiah. 
Jika Anda miliki kemampuan penjualan umumnya sehari 15 bungkus, Anda sudah dapat memperoleh omset harian 525 ribu rupiah atau sekitar Rp. 15.750.000 perbulan. Dalam satu th. saja Anda sudah dapat mengembalikan modal mesin kompos. 

Tidak terlalu susah kan menjalankan usaha pupuk kompos? Bermodal mesin kompos punya nilai Rp 100 jutaan, Anda sudah dapat mengantongi omset belasan juta rupiah per bulan.


EmoticonEmoticon