JARAK TANAM CABE YANG BAIK

Jarak tanam cabe rawit pada berbagai jenis tanah penting diketahui oleh setiap petani baik itu pemula maupun yang sudah lama mendalami profesi ini karena mengingat sekali panen cabe akan sangat menguntungkan dan memiliki harga jual yang mahal. Beberapa petani memang banyak yang mengabaikan tentang seberapa besar sebenarnya jarak tanam untuk cabe pada suatu luas bidang tanah pada kebun anda. Penanaman yang tidak menggunakan teori tertentu biasanya mereka mengandalkan ilmu dari orang-orang terdahulu atau sesuai perkiraan sendiri. Dari pengamatan yang dilakukan pada beberapa petani mereka mengatakan bahwa jarak tanam cabe rawit yang biasa dilakukan di lahan bedengan bermulsa sekitar 50-60cm dimana dianggap dan diakui sebagai jarak tanam yang paling bagus yang biasanya juga diterapkan pada jenis cabe lainnya.

Baca juga : https://infotani31.blogspot.com/2019/10/cara-seleksi-bibit-cabe.html?m=1

Menurut beberapa ilmu pertanian dan juga pengamatan langsung ke bedeng oleh para ahlinya, tumbuhan cabe rawit mampu tumbuh di ketinggian 0-500 mdpl dan ada juga yang meyakinkan sebenarnya hanya mampu tumbuh pada kedalaman 1000 mdpl. 


Karena cabe tersebut berbeda-beda jenis dan bentuknya maka sifat dan karakter cabe akan berbeda pula. Meskipun banyak para petani yang mengatakan bahwa penanaman setiap jenis cabe yang berbeda hampir sama saja, namun jika anda berada di wilayah yang tanahnya terletak pada dataran tinggi atau rendah maka hal inilah yang membedakan. Beberapa tanaman cabe rawit di dataran tinggi memang mengalami permasalahan dalam hal panen dan jangka waktu periode penanaman meski masih memiliki kemungkinan untuk tumbuh dan subur.

Baca juga : https://infotani31.blogspot.com/2019/10/peluang-usaha-petanian-di-desa.html?m=1

Memilih Jenis Varietas Yang Baik

Pada tahapan anda harus melakukan survey pada tanah dan memilih varietas yang cocok, untuk beberapa jenis varietas yang disarankan seperti bara, juwita F1, dewata F1, dan taruna.


EmoticonEmoticon