Cara Membuat Larutan AB mix Sendiri Dengan Harga Lebih Murah




Bagi Anda yang ingin mulai bertanam secara hidroponik, tentu Anda harus menyiapkan nutrisinya atau pupuk untuk membantu pertumbuhan tanaman. Sayangnya, harga nutrisi untuk tanaman hidropinik  atau AB mix ini relatif mahal, namun jangan khawatir karena pada halaman ini Anda dapat mempelajari cara membuat pupuk AB mix sendiri.
Baca juga : https://infotani31.blogspot.com/2019/10/cara-membuat-pupuk-npk-16-16-16-rumahan.html?m=1
Bertanam hidroponik memang sangat menyenangkan. Selain karena mudah dan praktis, bertanam dengan menggunakan metode ini membuat kita bisa memanfaatkan lahan sempit untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal pula. Tentu saja teknik ini sangat cocok untuk kita yang hidup di perkotaan atau di gang-gang sempit dimana lahan pertanian sangat langka.
Namun tidak semua kemudahan bertanam hidroponik dapat kita rasakan, kerena media utama dalam menanam adalah air, maka nutrisi atau pupuk yang dibutuhkan tidak boleh sembarangan. Nutrisi yang diberikan haruslah mudah diserap tanaman sekaligus dengan konsentrasi yang tepat sehingga tidak meracuni.
Baca juga: https://infotani31.blogspot.com/2019/09/proses-membuat-poc-atau-pupuk-organik.html?m=1
Nutrisi yang terkandung pada pupuk tersebut baiknya mengandung unsur makro berupa Nitrogen (N), Phospor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Calsium (Ca), serta Sulfur (S). Sedangkan unsur mikro yang terkandung haruslah Besi (Fe), Seng (Zn), Klor ( Cl), Boron (Br), Molibdenum (Mo), dan Mangan (Mn.)


Cara Membuat Pupuk AB mix
# Formula 1, untuk 10 L larutan
Alat dan Bahan:
  • Pupuk NPK 16 – 16 – 16 sebanyak 10 gr (bisa menggunakan pupuk NPK yang dijual di pasaran seperti NPK Mutiara sebanyak 1 sendok makan.
  • Pupuk KCL 10 gr atau setara dengan 1 sendok makan
  • Pupuk Gandasil D – Growmore hijau sebanyak 1/2 sendok makan
  • Air sumur atau air sungai sebanyak 10 L (jika tidak memungkinkan, Anda dapat pula menggunakan air PDAM, namun sebelum penggunaannya, penting untuk mengendapkan terlebih dahulu selama 7 – 10 hari)
  • Ember atau tong tempat penampungan dengan kapasitas air sebanyak 10 L
  • Gelas plastik bekas air mineral sebanyak 3 buah
  • Timbangan
  • Alat pengaduk

  • Cara Membuat:
    1. Isi 3 gelas bekas air mineral dengan masing-masing 100 ml air atau kurang lebih 1/2 gelas
    2. Larutkan pupuk NPK, KCL, dan Gandasil pada masaing-masing gelas plastik. Pastikan ketiga pupuk tersebut  terlarut dengan sempurna pada masing-masing wadahnya
    3. Setelah itu, masukkan ketiga larutan tersebut pada ember, tambahkan air sumur hingga mendapatkan larutan dengan volume mencapai 10 L (jadi tambahan air kurang lebih 9700 ml)
    4. Aduk hingga rata maka formula tersebut sudah dapat digunakan sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman Anda.
    Cara Penggunaan:
    • Untuk pertumbuhan vegetatif atau pertumbuhan tunas, Anda dapat menggunakan nutrisi AB mix ini pada tanaman sayur seperti  sawi atau kangkung. Sedangkan untuk tanaman cabe, Anda dapat menambahkan pupuk Urea sebanyak 10 gr, untuk tanaman sayur lainnya seperti terong juga mentimun, penambahan pupuk Urea yang dianjurkan adalah 15 – 20 gr pada larutan AB mix tersebut.
    • Untuk pertumbuahn generatif atau pertumbuhan bunga dan buah, Anda sebaiknya mengurangi komposisi pupuk Urea yang dicampurkan menjadi 50 % dari penambahan awal atau berkisar 5 gr untuk larutan AB mix 10 L, formula ini berlaku untuk tanaman cabe. Sementara untuk sayur jenis tomat, mentimun, dan terong penambahan Urea yang ideal adalah berkisar 7 gr untuk larutan AB mix 10 L dengan penambahan pupuk NPK sebanyak 50 % (15 – 30 gr / 10 L karutan), pupuk Gandasil D diganti dengan pupuk Gandasil B atau Growmore merah. 


EmoticonEmoticon