Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik Agar Terlihat Cantik Untuk Pemula

/2020/01/cara-merawat-ikan-cupang-yang-baik-.html
Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik 

Cara Merawat Ikan Cupang Yang Baik. Bagi penggemar ikan hias seperti ikan cupang tentu nya harus mempunyai cara perawatan yang baik sehingga ikan akan tetap terjaga dengan baik dan sehat, ikan cupang terbagi beberapa golongan. Ada ikan cupang adu,ada ikan hias dan keuinikan dari ikan cupang ini mempunyai sifat breeder, itu yang arti nya ikan cuoang yang menggerami telur nya iti di dalam mulut. 

Ikan cupang ini dengan membangun sarang nya itu di dalam gelembung air atas permukaan dan ikan cupang ini salah satu nya ikan yang mempunyai kekuatan dalam hidup nya, itu pun kalau ikan cupang selalu di jaga dengan baik tidak sakit dan tidak ada serangan dari hewan lain.

Banyak nya di gemari ikan cupang untuk di pelihara dalam kalangan muda ataupun tua, oleh karena itu ikan cupang di kasih air dalam volume yang sedikit dan di kasih adaptor ikan cupang ini akan tetap hidup karena dalam sirkulasi udara nya pun akan tetap masuk ke ikan tersebut.

Metode peraratan ikan cupang tentu nya harus mempunyai waktu yang tepat, karena kalau tidak ada ke konsistenan dalam perawatan ikan itu akan bisa mempengarahui dalam kesetan ikan dan dalam pertumbuhan nya pun akan lama serta yang lebih baik lagi dalam perawatan nya itu akan membuat warna ikan cupang lebih bagus lagi.


Cara Merawat Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Dan Tidak Cepat Mati

Siapkan Wadah untuk ikan cupang


Ikan cupang memerlukan wadah yang sesusai dengan ukuran ikan cupang, atau pun kalau ikan cupang ini bisa di tempatkan di aquarium. Tetapi biasa nya ikan cupang ini di kasih ukuran 20x15x15cman, karena biasa nya pemula dalam memelihara ikan cupang ini biasa nya sering di tempatkan di toples kaca, meskipun tidak di dalam aquarium pun ikan cupang akan tetap hidup meskipun model toples.

Tentu nya ikan cupang yang biasa nya hidup di dalam wadah atau aquarium dengan mempunyai salah satu ukuran berbeda-beda, karena ikan cupang ini mepunyai ikan yang berjenis soliter yang mempunyai ukuran kecil jadi bagi ikan yang akan menyedikan wadah besar atau kecil pun tetap bisa masuk, dan dalam kreasi wadah ikan cupang ini bisa di tambahkan variasi ke indahan seperti batu alam atau tanaman bawah tanah yang terbuat khusus untuk aquarium.


Siapkan Air untuk ikan cupang


Karena air dalam memelihara ikan cupang merupakan hal yang paling penting karena ikan cupang tentu nya mebutuhkan air yang bagus serta alami, seperti air suru itu tentu nya sangat bagus untuk memelihara ikan cupang di bandingkan dengan air pam yang sesekali ada campuran obat nya. 

Ikan cupan merupakan salah satu ikan yang berjenis ikan air tawar juga, maka bila memelihara ikan cupang dengn air tawar tentu nya itu mengibartakan ikan cupang terasa hidup seperti di alam nya, sehingga dalam air yang alami atau tawar ikan pun akan terasa nyaman dan tidak mudah stress.

Meskipun tidak ada air sumur tentu nya anda bisa memakai air pam,tetapi bisa liat dulu dalam kondisi air nya masih mengandung obat kaporit atau tidak, kalau pun tidak ada itu bisa di pake untuk ikan cupang. Untuk mengganti air dalam ikan cupang ini biasanya mengganti air nya itu dalam 3 sampai 4 hari dalam penggantian nya dan biasa kan sebelum memasukan air ke wadah ikan cupang alangkah baik nya mendiamkan dulu air ini beberapa waktu di dalam wadah watau ember dan jangan lanagsung sistim memasukan aja ke dalam wadah yang ada ikan nya. 


Kontrol Memberi Makan Untuk Ikan Cupang


Dalam pemberikan pakan biasa nya hanya mengasih dan menaburkan saja ke dalam wadah aquarium yang ada ikan nya, ikan cupang biasa nya menyukai memakan pakan yang mengambang di atas permukaan air atau pakan yang ber gerak dan tentu nya biasa dalam proses mengasihkan pakan nya jangan langsung banyak biasa nya bertahap sedikit demi sedikit dan liat posisi ikan nya sudah mulai kenyang atau masih mau makan, kalau pun  keliatan nya sudag tidak mau makan berhentilah mengsih nya.

Tetapi bila kebanyakan mengasih pakan nya dengan sangat banyak atau kelebihan, maka alan membuat air dalam aquarium nya itu menjadi cepat kotor dan bau, tidak hanya pada air nya saja pada bagian dingding aquarium pun menjadi kotor sehingga menyebabkan ada nya  lumut-lumut yang menempel.

Maka bila kelihatan di dingding kotor dan air nya cepat bau tentu itu ada dari hasil pemberian pakan dan telat menggati air nya, itu bisa menyebab kan akan tumbuh nya penyakit-penyakit untuk ikan cupang bila tidak cepat di tangani. BIasa nya pakan ikan cupang ini tidak hanya di kasih pellet saja,  bida di kasihkan jentik nyamuk itu bisa membuat ekor pada ikan pun menjadi sangat bagus dan pertumbuhan nya pun akan cepat.

Selalu Membersihkan Wadah Ikan Cupang


Langkah yang terpenting dalam merawat ikan kucpang hias, atau pun ikan cupang adu kara bila dalam proses perawatan ikan cupang merupakan hal yang terpenting. Maka bila anda bermalas malasan dalam memelihara ikan cupang ini maka hasil ke depan nya dalam bentuk pertumbuhan nya akn melambat.

Karena kata pepatah pun kebersihan sebagian dari iman maka membersikan tempat cupang itu tinggal merupakan salah satu bagian terpenting, bila ikan cupang sampe hidup di dalam air yang mempuai kada ph nya tinggi itu pun aakan membuat ikan cupang tidak nyaman sehingga cepat mati dan tidak awet.

Maka baik nya dalam membersihkan wadah dan air nya itu 4 hari sekali, maka bila dalam pemebersihan ini ikan cupang tersebut akan terasa nyaman hidup dalam wadah sederhana dan semoga bisa tahan lama dalam hidup ikan cupang ini.


Sempatkan Menjemur Ikan Cupang


Sebagian orang tentu nya suka jarang menyempatkan untuk penjemuran ikan cupang ini, karan dalam penjemuran itu bisa jadi yang penting juga, karena manfaat untuk menjemur ikan tersebut bisa menjadikan ikan menjadi sehat dan menjadikan warna nya menjadi tambah indah.

Selain membuat tubuh ikan menjadi frees, manfaat di jemur ini bis membuat dan membunuh bakteri-bakteri pada air dan aquarium serta membuat sist kulit ikan sehat. Nah harus pelu kalian kertahui ya dalam tempat dan peletakan pada akuarium ini, maka bagus nya aquarium yang berisi ikan ini letakan di tempat yang mempunyai suhu stabil tidak terlalu panas atau pun sebalik nya tidak terlalu dingin.

Maka dalam penjemuran ikan cupang itu inti nya hanya sesekali saja, oleh Karen itu bila ikan cupang yang mempunyai kulit yang berwarna kulit hitam tentu nya jangn terlalu kebanykan untuk di jemur. Itu pun membuat warna kulit ikan ini menjadi pucat pias itu karena kepekaan sinar matahari.


Oleh karena itu maka bila anda ingin memelihara ikan cupang, anda bisa membeli ikan cupang langsung kepada peternak ikan cupang yang sudah ternama dan berpengalaman pada ikan cupang ini, selain membuat ikan akan bagus pada keturunan nya atau pun ikan cupang ini menjadi sangat puas untuk siap di pelihara di rumah.



EmoticonEmoticon