Cara Perawatan Domba Adu Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Anda Membeli

Tags

/2019/10/cara-perawatan-domba-adu-yang-perlu-diketahui.html

ternak domba garut

Cara Perawatan Domba Adu Yang Perlu Anda Ketahui  Mayana Hewan, akan membahas salah satu perawatan domba adu yang special dan sering di gunakan oleh para pencita hewan domba garut, karena dengan perawatan yang benar dan special ini akan mempegaruhi domba garut pada saat di lapangan untuk bertanding,

Dalam cara perawatan ini tentu mempunyai ilmu yang harus di pelajari secara masing-masing di wilayah pada saat di kandang ataupun pada saat di lapangan untuk bertanding. Pertandingan adu domba tentu nya sudah menjadi tradisi yang sudah ada turun temurun dan adu domba tersebut salah satu menjadi hiburan bagi warga yang menyukai tradisi adu domba tersebut.

Begitu pula kambing tersebut tidak hanya ada domba garut saja, melaikan domba banyak macam-macam nya meskipun banyak nya macam-macam kambing tidak semua bisa di adukan, karena berbeda dari mulai postur tubuh kambing biasa dengan domba garut yang sering di adu domba kan.
Bagi yang belum tau wilayah peternakan domba garut terbesar ini anda bisa mampir, ke kampung janggot desa dangjang,cilawu, kabupaten garut provinsi jawa barat.

Nah dengan itu di sana banyak peternakan domba garut adu yang sudah siap di tarungkan, tidak hanya itu di pertanakan desa dangjang ini para peternak domba sudah sangat hapal tentang karakter si domba yang bagus dan bisa bertarung untuk di adukan.

kandang domba garut adu ini biasa nya di spesialkan dan tertata rapih, agar si domba ini sangat nyaman pada saat berada di dalam kandang. BIasa nya kan domba ada yang di satukan dalam satu kandang, BIasa nya domba adu dalam kandang di terta rapih untuk satu ruangan satu kambing agar si kambing nyaman tidak ada rasa saling serang beradu didalam kandang.

Tentu nya juga dalam cara perawatan ini harus tau ilmu dan cara merawat domba garut yang benar-benar karena tidak gampang untuk menjadikan salah satu kambing adu menjadi fighter yang sangat tangguh pada saat di lapang.


DI setiap wilayah jawa barat ataupun wilayah diluar jawa barat pun, mungkin sudah banyak yang ternak domba untuk di adukan ataupun di jadikan salah satu mata pencaharian. Karena kebanyakan doma biasa di buru untk di jadikan hewan qurban pada saat hari raya iduh qurban atau pun aqiqah. Dalam merawat kambing terntu nya berbeda degan merawat kambing garut adu, karena kalau kambing adu perawatan tersebut sangat terpenting dan mempunyai perawatan khusu special. Berikut di bawah ini cara langkah perawatan domba garut maupun domba biasa.

Berikut Ini Cara Perawatan Domba Adu Yang Perlu Anda Ketahui  Agar Selalu Fighter

/2019/10/cara-perawatan-domba-adu-yang-perlu-diketahui.html
adu domba garut 

Perawatan domba adu ini ilah banyak peroses nya yang harus di tempuh setiap hari nya karena dalam perawatan domba adu inilah menentukan hasil si domba, menjadi fighter di lapang. Karena kalau tidak mempunyai stamina yang kuat berikut di bawah ini cara merawat nya:

-Pakan domba adu ini biasa nya mengunakan rumput yang sudah di pilih agar badan domba tetap terjaga. Tetapi ada juga yang megasih kampas kacang kedelai.

-Domba adu biasa nya setiap hari di keluarkan dari kandang. Di keluarkan nya domba garut ini untuk melatih si domba agar bisa berjalan kecil-kecil membuat si domba pun ber olahraga, karena dalam berolahraga pagi sangat bagus kan untuk tubuh.

- Domba di mandikan secara rutin setiap harinya agar tehindar dari penyakit, ada pula yang memandikan domba  ini dengan air anget agar si domba tetap press optimal dalam urat-urat kecil nya.
-Domba adu ini biasa nya kalau sudah keliata aga panjang sering di potong secara rajin agar bulu di kambing terhindar dari kutu-kutuan dan penyakit lain nya.

-Mengasih racikan jamu alami yang telah di buat oleh pengurus domba,

- Domba di jemur setiap hari serta  di olahragakan di alat yang telah di sediakan khusu domba ataupun  buatan sendiri.

-  merawat tanduk domba garut setiap hari seperti di oleh oleh minyak sawit, atau dengan minyak jaitun,karena pran tanduk ini tidak hanya badan saja. Karena tanduk bisa memiliki tempramen yang indah seta terlihat gagah serta mengkilat.

- domba garut sering di pijit oleh sang pengurus agar aliran daram serta urat-urat domba tetap press.
 perawatan domba garut yang biasa di gunakan sehari-hari nya karena bisa membuat domba adu selalu siap mental dan sprot pada saat di arena lapangan Karen dalam adu domba tersebut sangat banyak lawan lawan yang sudah siap dalam mental untuk tanding.


Macem-Macem Ramuan Domba Garut Adu Yang Alami

/2019/10/cara-perawatan-domba-adu-yang-perlu-diketahui.html
rempah alami

-Laja

-sirih

-akar jambe

-akar lampu haur

-madu hitam

-madu biasa

-telur bebek

Keunggulan domba Garut  Adu 

/2019/10/cara-perawatan-domba-adu-yang-perlu-diketahui.html

adu domba garut 2019

1. kotoran domba adu tidak terlalu bau dan mengandung bahan organik lebih banyak, di jadikan sebagai pupuk kompos.

2. Daging domba garut tidak bau kambing seperti bau daging kambing lokal, yang memiliki kandungan nilai giji yang baik, sehingga lebih baik dalam pengolahan citarasa maupun kandungan dari nilai gizi pada daging tersebut.

3. Kulit domba lebih bagus tebal dan kuat dari pada domba lokal, sehingga sangat cocok untuk di jadikan olahan kerajinan dari kulit, serta memliki nilai jual yang tinggi dari pada kulit domba lokal

4. postur tubuh domba garut lebih bagu. Tinggi dan besar, karena mempunyai badan yang kekar juga, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

5. Berat bada betina domba garut mencapai 40kg lebih, kalau berat badan jantan mencapai 50kg lebih sehingga mempunyai kandungan karkas lebih banyak, maka otomatis harga jual domba garut adu sangat tinggi.

6. Ciri dari domba garut pejantan mempunyai tanduk yang besar serta bentuk melingkar,

7. Dari mulai reproduksi perkawinan domba garut lebih mudah, sehingga lebih banyak di reproduksikan oleh para peternak, dan serta dafat berproduktiv lebih banyak dari pada domba lokal.

Karena dengan ramuan alami ini, membuat stamina otot domba adu bisa kuat tahan dengan penyakit yang menyerang dalam tubuh domba. Dengan Cara Perawatan Domba Adu Itulah Yang Perlu Anda Ketahui aopa yang telah di bahas oleh kami, karena masig banyak yang akan di bahas seputaran dunia hewan ini. Tidak hanya kambing saja melaikan hewan mamalia lain nya yang akan di bahas oleh mayana hewan. Tetap pantengin di blog mayana hewan mohon maaf bila masih banyak ke kurangan nya, sekian dan terima kasih.











EmoticonEmoticon