Mengenal Hasil Hutan Bukan Kayu

Hutan adalah paru- paru bumi sehingga penting menjaga hutan tetap ada dengan jangan menebang hutan sembaranga. Tanpa menebang pohon masih banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari hutan yang biasa disebut hasil hutan bukan kayu, apa saja ya:

Hasil hutan hutan bukan kayu dibagi menjadi dua jenis:

1. Nabati
Meliputi hasil hutan berasal dari tumbuhan dan tanaman missal tumbuhan obat, rotan , buah buahan, dan getah

2. Hewani
Contohnya madu lebah, daging hewan,  sarang, kempompong dan lainnya

Beberapa contoh hasil hutan bukan kayu

Madu



cairan manis kental yang dihasilkan lebah. Cara terbuatnya  yaitu lebah pekerja mengumpulkan nectar dari bunga, kemudian diserahkan kelebah didalam sarang untung disimpan disarang, lalu diproses diperut lebah dank arena panas dari kibasan sayap lebah akhirnya kandungan dari nectar ini menguap dan menyisakan madu.
Madu juga baik untuk tubuh kita karena mengandung antioksida yang sangat tinggi, sehingga menjaga tubuh dari serangan radika bebas dan terhindar dari penyakit

Kemiri




Tumbuhan yang bijinya dapat dimanfaatkan sebagai minyak dan rempah rempah,  pertama biji kemiri dikumpulkandan direndam selama dua hari sehingga kembang lalu direbus selama 30 menit agar kulit luarnya mengkerut. Setelah dicuci lalu biji kemiri dipecah dan bijinya dicungkil, biji yang utuh dioven supaya awet lalu dikemas dan siap di jual, sedangkan biji yang tidak utuhdibuat menjadiminyak.


EmoticonEmoticon